Sabtu, 22 Januari 2011

'' CAHAYA KEHIDUPAN SEJATI ''

Rasulullah Saw pernah berkata kepada Abu Dzar r.a., “Hai Abu Dzar, perbaharuilah kapalmu/perahumu, karena lautan itu sangat dalam. Ambillah perbekalan secara sempurna, karena perjalanan itu jauh sekali. Kurangilah beban, karena tanjakan itu bagaikan gunung, dan ikhlaskanlah amal, karena Dzat yang menilai baik dan buruk Maha Melihat.”

Kalau kita lihat apa yang disabdakan oleh rasulullah Saw kepada Abu Dzar ada empat hal yang harus kita perhatikan sebagai bekal untuk di akhirat kelak... Empat hal itu adalah sebagai berikut:


Pertama, perbaharuilah kapalmu atau perahumu karena lautan itu sangat dalam... Rasulullah mengibaratkan akhirat dengan samudera yang sangat dalam, penuh dengan gelombang yang dapat menghempaskan setiap perahu yang melaluinya. Untuk mengarungi samudera yang sangat dalam dan penuh dengan gelombang ini, senantiasa melakukan amal yang shalih setiap saat... Karena amal shaleh itulah yang akan menjadi perahu dalam mengarungi samudera yang sangat dalam ini.

Kedua, ambillah perbekalan secara sempurna, karena perjalanan sangat jauh.... Maksud dari perbekalan yang sempurna ini adalah takwa, yakni melaksanakan perintah Allah SwT dan menjauhi larangan-Nya. ..Untuk melewati sebuah perjalanan yang sangat jauh, kita harus mempersiapkan bekal dengan baik agar tidak kekurangan dalam perjalanan.... Begitupula dengan perjalanan menuju akhirat, maka dengan bekal takwa adalah bekal yang sangat tepat menuju kehidupan akhirat.

Ketiga, kurangilah beban, karena tanjakan itu bagaikan gunung.... Jangan terlalu berorientasi kepada keduniaan saja yang dapat membuat orang terlelap dalam pelukannya setiap saat. ...Lupa akan kehidupan selanjutnya yang kekal. Sehingga membuat beban menjadi lebih berat dan tentunya akan sulit melangkah, bisa saja tidak sampai pada apa yang dituju dan diharapkan....

Keempat, ikhlaslah dalam beramal.... Amal apa pun, meskipun itu baik tetapi jika tidak disertai dengan keikhlasan akan sia-sia di hadapan Allah SwT.... Meskipun ketidakikhlasan itu hanya terdapat di dalam hati, tidak diucapkan dan tidak ada yang tahu, tetapi Allah SwT adalah Dzat Yang maha Tahu... Rasulullah Saw bersabda: “Ikhlaskan niat, niscaya engkau akan menerima balasan amalmu meskipun amalmu sedikit.” Wallaahu a’lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar